WELCOME TO JUNIOR HIGH SCHOOL SMP NEGERI 1 KEDIRI................INFO :

PROFILE

PROFIL SEKOLAH



SEKOLAH PERSIAPAN RINTISAN BERTARAP
INTERNASIONAL
(RSBI)




1.   Nama Sekolah                     SMP NEGERI 1 KOTA KEDIRI

2.  No. Statistik Sekolah             : 20-1-05-6301-001.
3.  Tipe Sekolah                           :  A/ A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
4.  Alamat Sekolah                     :  JL.DIPONEGORO No.26
                                                      :   Kecamatan Kota
                                                      :    (Kabupaten/Kota) Kediri
                                                      :    Propinsi Jawa Timur
5.   Telepon/HP/Fax                     :    0354- 682230
6.    Email/Webe-site                    : smpnegerisatukediri@yahoo.co.id / www.web.spenesakediri.sch.id
7.    Status Sekolah                       :  Negeri/Swasta    
8.    Nilai Akreditasi Sekolah        : 99,60 ( A )

9.    Penetapan sebagai RSBI  :  2007
10.   Status RSBI                             :  RSBI Reguler/RSBI Mandiri 
11.  Prosentase ruang kelas yang sudah berbasis IT  :  21,88 %
12.    Prosestase guru yang S2/S3            :  13  orang  S2
13.   Apakah Sekolah sudah memiliki fasilitas HOT-SPOT  :  a. Sudah           b. Belum
14.  Apakah sekolah sudah memiliki sister-school                  :  a. Sudah        b. Belum
                   Y a i t u                      1. Tahun 2008,RSBI SMP N 1 Purbalingga
                                                      2. Tahun 2009,  Semesta Boarding  School Smarang Jawa Tengah
                                                      3. Tahun 2010, Bristool Bussiness School ( Singapura )
                                                      4. Tahun 2010,  E-Maar,  ( Singapura )
                                                      5. Tahun 2011,  Excelsior Rafles School ( Singapura )
                                                      6. Tahun 2011, AEC College ( Singapura )
15.  Apakah sekolah sudah memiliki sertifikat  ISO 9001  : a. Sudah        b. Belum
      Apabila sudah : Lembaga sertifikasi : Tahun 2010, YUKAS,  ISO 9001 :2008

16.  Kontribusi Pendanaan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah :
Th. Pelajaran
Pusat
Propinsi
Kab/Kota

Masyarakat
Jumlah

Dalam Juta
Dalam Juta
Dalam Juta
Dalam Juta
Dalam Juta
2008/2009
300
130.5
161.5
-
592
2009/2010
300
-
155
-
455
2010/2011
300
-
175
-
475
2011/2012
130
-
-
1102
1402

17. Data Peserta Didik Baru pada tahun terakhir yang dinyatakan diterima di sekolah
Tahun
Jumlah Pendaftar Peserta Didik Baru
Jumlah Peserrta Didik Baru yang diterima
NUN yang diterima
2008/2009
364
120
27,30
2009/2010
435
150
27,35
2010/2011
602
270
27,40
2011/2012
495
268
27,80
     
18. Data Siswa 4 (empat tahun terakhir) siswa reguler :
Th. Pelajaran
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
 (Kls. VII + VIII + IX)
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Siswa
Rombel
2008/2009
250
243
6
242
6
358
9
844
21
2009/2010
364
144
4
246
6
244
6
634
16
2010/2011
-
-
-
144
4
246
6
390
10
2011/2012
-
-
-
-
-
145
4
145
4


19. Data Siswa 4 (empat tahun terakhir) siswa Billingual (RSBI):
Th. Pelajaran
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
 (Kls. VII + VIII + IX)
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Siswa
Rombel
2008/2009
364
89
3
71
3
-
-
160
6
2009/2010
435
147
5
89
3
70
3
306
11
2010/2011
602
266
9
147
5
89
3
503
17
2011/2012
495
268
9
258
9
151
5
677
27



20. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.      Kepala sekolah


Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pend. Akhir
Masa Kerja
L
P
1.
Kepala Sekolah
Drs. NOTO, M.M.

51
S-2
28
2.
Wakil Kepala Sekolah
Suman Hadi, S.Pd

55
S-1
34

b.      Guru
1.  Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan Status Guru
Jumlah
GT/PNS
GTT/Guru Bantu
L
P
L
P
1.
S3/S2
5
8
-
-
13
2.
S1
15
32
1
1
49
3.
D-4
-
-
-
-
-
4.
D3/Sarmud
1
1
1
-
3
5.
D2
-
-
-
-
-
6.
D1
-
-
-
-
-
Jumlah
21
41
2
1
65


2. Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
1.
IPA
-
-
7
1
-
-
-
1
9
2.
Matematika
-
-
6
-
-
-
-
1
7
3.
Bahasa Indonesia
-
-
3
-
-
-
-
4
7
4.
Bahasa Inggris
-
-
6
-
-
-
-
3
9
5.
Pendidikan Agama
-
-
5
-
-
-
-
-
5
6.
IPS
-
-
4
-
-
-
-
1
5
7.
Penjasorkes
-
-
3
-
-
-
-
-
3
8.
Seni Budaya
-
-
3
-
-
-
-
-
3
9.
PKn
-
-
5
-
-
-
-
1
6
10
TIK/Keterampilan
1
1
1
-
-
-
1
1
5
11
BK
-
-
4
-
-
-
-
-
4
12
Lainnya: .
a. Bhs. Jawa
b. Elektronika
c.Kerajinan Tangan

-

-
-
-

1
-
-

-
-
-

-
-
-

-
-
-

1
-
-

-
-
-

2
-
-

Jumlah
1
1
51
1
-
-
2
12
65

3. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru
No
Jenis Pengembangan Kompetensi
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
Laki-laki

Perempuan
Jumlah
1.
Penataran KTSP
21
42
63
3.
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)
21
42
63
4.
Penataran PTK
21
42
63
5.
Penataran Karya Tulis Ilmiah
4
3
63





6.
Sertifikasi Profesi/Kompetensi
19
35
63
7.
Penataran PTBK
21
42
63
8.
Penataran lainnya: ..............




4. Prestasi guru
No.
Jenis lomba
Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
Tingkat
Jumlah Guru
1.
Lomba PTK
Nasional
-
Provinsi
1
Kab/Kota
3
2.
Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran
Nasional
-
Provinsi
1
Kab/Kota
3
3.
Lomba Guru Berprestasi
Nasional
1
Provinsi
2
Kab/Kota
2
4.
Lomba lainnya: Penata musik Tradisional Terbaik

Nasional
-
Provinsi
1
Kab/Kota


c.        Guru Billingual (RSBI)
1.        Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No

Tingkat Pendidikan
Jumlah dan Status Guru

Jumlah
GT/PNS
GTT/Guru Bantu
L
P
L
P
1.
S3/S2
4
7
-
-
11
2.
S1
10
9
-
1
19
3.
D-4
-
-
-
-
-
4.
D3/Sarmud
-
-
-
-
-
5.
D2
-
-
-
-
-
6.
D1
-
-
-
-
-
7.
≤ SMA/sederajat
-
-
-
-
-
Jumlah
14
16
-
1
31


d.         Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
1.
IPA


7
1



1`
9
2.
Matematika


6




1
7
3.
Bahasa Inggris


6




3
9
4.
Bahasa Indonesia


3




4
7

Jumlah


22
1



9
32



e.       Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru Billingual
No.
Jenis Pengembangan Kompetensi
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
Laki-laki
Jumlah
Perempuan
Jumlah
1.
Penataran KBK/KTSP
14

17
31
3.
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)




4.
Penataran PTK
14

17
31
5.
Sertifikasi Profesi/Kompetensi




6.
Pelatihan Billingual
14

14
28
7.
Penataran lainnya: ..............







f.        Prestasi guru Billingual
No.
Jenis lomba
Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
Tingkat
Jumlah Guru
1.
Lomba Kompetensi guru antar sekolah
Nasional
-
Provinsi
-
Kab/Kota
1
2.
Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran berbasis IT
Nasional
-
Provinsi
1
Kab/Kota
2
3.
Lomba Guru Billingal Berprestasi
Nasional
1
Provinsi
1
Kab/Kota
4


g.       Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung
No.
Tenaga pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya
Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin
≤ SMP
SMA
D1
D2
D3
S1
PNS
Honorer
L
P
L
P
1.
Tata Usaha
-
-
-
-
3
3
2
1
2
1
2.
Perpustakaan
-
-
-
-
-
1
-
-
-
1
3.
Laboran lab. IPA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
4.
Teknisi lab. Komputer
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
5.
Laboran lab. Bahasa
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
6.
PTD (Pend Tek. Dasar)
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
7.
Kantin
-
--
-
-
-
-
-
-
-
-
8.
Pembantu Pelaksana
3
6
-
-
-
-
2
-
7
-
9.
Tukang Kebun
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
10.
Keamanan
-
1
-
-
-
-
1
-
-
-
11.
Lainnya: ...................
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

Jumlah
3
7
-
-
3
4
5
1
9
2


-21. a)  Data Ruang Belajar (Kelas)                         
Kondisi
Jumlah dan ukuran
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x9 m2  (a)
Ukuran
> 63m2 (b)
Ukuran
< 63 m2 (c)
Jumlah (d) =(a+b+c)
Baik
23
-
-
23
............. ruang, yaitu: ………

27
Rsk ringan
4
-
-
4
Rsk sedang
-
-
-
-
Rsk Berat
-
-
-
-
Rsk Total
-
-
-
-
                                                                                                            
Keterangan kondisi:
Baik
Kerusakan < 15%
Rusak ringan
15% - < 30%
Rusak sedang
30% - < 45%
Rusak berat
45% - 65%
Rusak total
>65%

b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi*)
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
8 x 15
baik
6. Lab. Bahasa
2
7 x 9
Baik
2. Lab. IPA
2
8 x 12
baik
7. Lab. Komputer
2
7 x 9
Baik
3. Ketrampilan
1
8 x 9
baik
8. PTD
1
6 x 6
Baik
4. Multimedia
1
7 x 9
baik
9. Serbaguna/aula
1
21 x 15
Baik
5. Kesenian
1
8 x 9
baik
10. Radio Sekolah

1
6 x 6
Baik
      Catatan  : Ukuran Lab.IPA, Bahasa, dan PTD, tidak sesuai standar

c) Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi*)
1. Kepala Sekolah
1
6 x 7.5
Baik
2. Wakil Kepala Sekolah
1
4 x 7.5
Baik
3. Guru
1
18 x 17.5
Baik
4. Tata Usaha
1
9 x 7.5
Baik
5. Tamu
1
6 x 7.5
Baik